Tahun 2016, Industri game tanah air makin cerah


Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI), Andi Suryanto, menyatakan jika industri game tanah air terus tumbuh setiap tahunnya. Hal itu dibuktikan dengan revenues generated industri game sekitar ratusan juta dollar di tahun 2015.

           "Tahun 2015 ini menurut data statistik Newzoo, di Indonesia diperkirakan sebesar USD 321 juta," kata Andi saat dihubungi Merdeka.com, Selasa (5/1).
Menurutnya, dari jumlah tersebut, didominasi oleh mobile game daripada PC game. Jika melihat dari data yang Ia sebutkan tadi, perbandingan antara mobile game dengan PC game sekitar 52 persen untuk mobile dan sisanya PC.


           "Mobile game lebih besar daripada PC," ujarnya.
Oleh sebab itu, pada tahun 2016 ini, pihaknya akan lebih memfokuskan lagi ke arah pengembangan mobile dan PC game. Terlebih di tahun ini, kata Andi, market game akan lebih luas lagi, tidak hanya fokus di Indonesia tapi ke arah global.

           "Sementara itu, untuk jumlah game developer menurut analisa kami juga naik secara signifikan, walaupun mayoritas jumlah team masih dibawah 10 orang. Untuk jumlah developer game di 2016 ini diperkirakan bisa naik 50 persen dibandingkan tahun 2015," terangnya.

            Melihat hal itu, belum lama ini, pihaknya dikabarkan bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Ketika dikonfirmasi mengenai pertemuan itu, Andi masih belum ingin menjelaskan secara gamblang soal apa saja yang dibahas bersama Menkominfo.

            "Pertemuan tersebut adalah bagian dari upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meningkatkan industri games Indonesia. Dan ini juga dijalankan bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf)," tuturnya.



Source : http://www.merdeka.com

Share on Google Plus

maulana-pc

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. wah,, maju terus buat industri game indonesia..

    ReplyDelete

Aturan Untuk Berkomentar Di Blog Ini :

1.Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan
2.Dilarang keras untuk berkata kotor di blog ini
3.Dilarang berkomentar menggunakan life link
4.Berkomentarlah sesuai topik yang dibahas di artikel
5.Dilarang berkomentar untuk menghina sesama blogger

Maaf atas ketidaknyamanan anda......... Saya harap anda semua berkomentar sesuai aturan diatas....... -Terimakasih-